Media Power Point Pembelajaran KTSP 2006:
Kelas VII Semester Ganjil
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat
dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2 Menyimpulkan
isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
3.3 Membacakan
berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
4.1 Menulis
buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan
dan bahasa yang ekspresif
4.2 Menulis
surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
4.3. Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik, dan benar
5.1 Menemu-kan
hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan
5.2 Menunjukkan
relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
6.1 Bercerita
dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita
dengan alat peraga
7.1 Menceritakan
kembali cerita anak yang dibaca
7.2 Mengomentari
buku cerita yang dibaca
8.1 Menulis
pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang
pernah dibaca atau didengar
Kelas VII Semester Genap
Kelas VII Semester Genap
9.1 Menyimpulkan pikiran,
pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasum-ber yang disampaikan dalam wawancara
9.2. Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan
narasumber dalam wawancara
10.1 Mencerita-kan tokoh idola dengan mengemu-kakan identitas tokoh,
keunggulan, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
11.1 Mengung-kapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi
yang dibaca secara intensif
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks
11.3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram
12.1 Mengubah teks wawancara
menjadi narasi
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi, dengan menggunakan
kalimat efektif dan bahasa yang santun
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
13.2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
14.2 Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara,
mimik, kinestik sesuai denga isi puisi
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku
cerita anak baik asli maupun terjemahan
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah
dialami
0 comments:
Post a Comment