Media Kelas VII

Media Power Point Pembelajaran KTSP 2006:


Kelas VII Semester Ganjil


2.2  Menyampaikan pengumumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan kalimat yang lugas
3.1  Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai
3.2  Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit
3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat
4.1  Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang ekspresif
4.2  Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa
4.3. Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar
5.1  Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengarkan
5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang
6.1  Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat
6.2  Bercerita de­ngan alat pe­raga
7.1  Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca
7.2  Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca
8.1  Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun
8.2  Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar

Kelas VII Semester Genap
9.1  Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara
9.2.  Menuliskan dengan sing­kat hal-hal pen­ting yang dikemukakan narasumber dalam wa­wan­cara
10.1 Mencerita-kan tokoh idola de­ngan mengemu-kakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
11.1 Mengung-kap­kan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks
11.3 Menemukan informasi seca­ra cepat dari tabel/diagram
12.1 Mengubah  teks wawan­cara menjadi narasi
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi, de­ngan menggu­nakan kalimat efektif dan ba­hasa yang san­tun
13.1 Menanggapi cara pemba­caan puisi
13.2 Merefleksi isi puisi yang di­bacakan
14.1 Menanggapi cara pemba­caan cerpen
14.2 Menjelaskan hu­bungan la­tar suatu cer­pen  de­ngan realitas sosial
15.1 Membaca in­dah puisi de­ngan meng­gu­nakan ira­ma, volume suara, mimik, kinestik se­suai denga isi puisi
15.2 Menemukan realitas kehi­dupan anak yang te­ref­lek­si dalam buku cerita anak baik asli mau­pun terje­mah­an
16.1 Menulis kreatif puisi berkena­an dengan ke­indahan alam
16.2  Menulis kreatif puisi berke­na­an dengan pe­ristiwa yang pernah dialami

0 comments:

Post a Comment